PENCEGAHAN KERUSAKAN BERAT PADA HAUL TRUCK DENGAN REAL-TIME CONDITION MONITORING STUDI KASUS PT KALTIM PRIMA COAL

Bustanil Arifindan, Ilham Mubaroq

Abstract


Upaya pencegahan kerusakan komponen pada haul truck dilakukan untuk menjaga tingkat ketersediaan peralatan yang tinggi dan menurunkan biaya perawatan alat. Real-time Condition Monitoring (RTCM) bertujuan untuk mendeteksi masalah lebih dini sehingga kerusakan berat dapat dihindari, khususnya kondisi dimana komponen akan mengalami kerusakan berat dalam waktu singkat, seperti masalah engine oil. Untuk mengelola RTCM, PT Kaltim Prima Coal memasang perangkat Maintenance Management System yang terintegrasi dengan Fleet Management System pada alat beratnya. Sistem memonitor status kesehatan dan informasi operasional secara menerus pada alat berat yang sedang bekerja di lapangan. Sistem memberikan peringatan secara real-time, kemudian secara remote dapat dianalisis penyebabnya untuk ditindaklanjuti. Truck dapat diarahkan untuk segera berhenti di lokasi aman sebelum terjadi kerusakan yang lebih parah, untuk dilakukan pengecekan dan perbaikan. User-defined event dengan kriteria yang lebih ketat lalu dibuat agar kerusakan yang sama dapat dideteksi lebih dini. Setiap pendeteksian dini kerusakan menghindarkan tim dari penggantian engine tidak terencana, memberikan manfaat penghematan biaya sekitar US$228.000, durasi perbaikan yang cepat, memperpanjang umur komponen, dan mengeliminasi risiko keselamatan kerja di lapangan. Hal ini mendukung strategi agar biaya dan downtime tidak terencana menjadi lebih rendah sehingga perusahaan lebih optimal dalam mengelola biaya operasional ditengah kondisi harga batu bara yang fluktuatif.


Keywords


Real-time Condition Monitoring, Predictive Maintenance

Full Text:

PDF

References


Alla, H.R., Hall, R., dan Apel, D.B., (2020): Performance evaluation of near real-time condition monitoring in haul trucks, International Journal of Mining Science and Technology, 30, 909 – 915.

McCarthy, B., dan Hara, H., (2006): Real-time condition monitoring for mobile mine equipment, Modular Mining Systems, Inc., 3-7.

Data distribusi biaya pertambangan secara umum, diperoleh melalui situs internet: https://www.modularmining.com/our-solutions/maintenance-reliability/. Diunduh pada tanggal 9 Agustus 2021.




DOI: https://doi.org/10.36986/impj.v3i2.54
Abstract views : 255 | views : 628

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.