PENGGUNAAN PETA ROAD SEVERITY INDEX SEBAGAI PANDUAN ARAH KERJA GRADER DALAM PERAWATAN JALAN TAMBANG

I Nyoman Darma Kusuma

Abstract


Perawatan jalan tambang merupakan kegiatan penting yang dilakukan sebagai salah satu usaha untuk menjaga kelancaran operasional truk dan memenuhi pencapaian target produksi. Selain faktor desain jalan tambang, geometri dan drainase, fokus utama perawatan jalan yang dilakukan adalah menjaga permukaan jalan dengan undulasi seminimal mungkin. Metode yang dapat digunakan untuk mengukur dan memonitor kondisi permukaan jalan, secara real time adalah dengan memanfaatkan data Road Analysis Control (RAC) dari controller Vims yang mengukur perubahan tekanan pada sensor di  suspensi truk seperti parameter rack, pitch dan bias. Kombinasi dari ketiga parameter ini akan menjadi dasar pengkategorisasi kondisi permukaan setiap segmen jalan yang disebut Road Severity Index (RSI). Data pemetaan RSI ini akan dimonitor langsung oleh pengawas jalan tambang melalui perangkat gawainya secara real time dan digunakan sebagai dasar dalam menentukan strategi prioritas perawatan jalan dan arah kerja grader. Tujuan yang ingin dicapai pada akhirnya adalah jalan tambang yang terpelihara dengan baik sehingga kondisi operasional lebih aman, waktu siklus lebih cepat, keausan mekanis alat berat berkurang, kenyamanan operator dalam berkendara meningkat dan berkurangnya konsumsi bahan bakar dari kegiatan hauling. 


Keywords


Perawatan Permukaan Jalan Tambang, Road Analysis Control, Road Severity Index

Full Text:

PDF

References


Bustanil Arifin & Ilham Mubaroq. (2022). Real Time Haul Road Condition Monitoring Studi PT Kaltim Prima Coal. Jurnal Prosiding TPT XXXI PERHAPI




DOI: https://doi.org/10.36986/impj.v5i2.116
Abstract views : 40 | views : 30

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.