MANAJEMEN PELEDAKAN PADA KONDISI HOT GROUND DI TAMBANG TERBUKA

Madinatul Arbi, Chani Pradasara, Slamet Rachman Jaka

Abstract


PT Multi Nitrotama Kimia merupakan salah satu perusahaan jasa pertambangan yang bergerak pada bidang penyedia jasa peledakan dan penjualan bahan peledak terbesar di Indonesia. PT Putra Perkasa Abadi Jobsite Alam Bara Jaya Pratama merupakan salah satu customer dari PT Multi Nitrotama Kimia yang tengah menghadapi tantangan untuk melakukan peledakan pada area yang disinyalir merupakan area Hot Ground dan atau Reactive Ground. PT Putra Perkasa Abadi Jobsite Alam Bara Jaya Pratama bekerjasama dengan PT Multi Nitrotama Kimia dalam mengelola peledakan pada kondisi sesuai dengan klasifikasi kondisi (termal) batuan.

Penelitian tahap awal dilakukan dengan pengambilan sampel pada area terkait dan dilakukan Pengujian Isothermis. Sampel diuji dengan waktu pengamatan 48 jam, di Laboratorium PT. Multi Nitrotama Kimia Cikampek. Pengujian ini bertujuan untuk menentukan unsur reaktivitas pada sample batuan. Kemudian dilakukan pengukuran temperatur lubang pada area tersebut. Proses pengukuran temperatur bertujuan membantu mengetahui suhu secara gradual berdasarkan tingkat kedalaman (top hole, middle hole dan bottom hole) dengan metode elevated temperature. Dengan adanya manajemen peledakan yang komprehensif pada area Hot Ground dan atau Reactive Ground, peledakan dapat berjalan dengan aman dan meningkatkan optimalisasi peledakan.


Keywords


Peledakan, Elevated Temperature, Reactive Ground, Hot Ground

Full Text:

PDF

References


Hustrulid. W. (1999): Blasting Principles for Open Pit Mining, Volume 1. (pp. 272-273). Brookfield: A.A. Balkema. Rotterdam.

Australian Explosives Industry And Safety Group (AEISG). (2017) : Elevated Temperature and Reactive Ground, Edition 4




DOI: https://doi.org/10.36986/impj.v3i1.40
Abstract views : 643 | views : 855

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.