Penentuan Lebar Chain Pillar Pada Tambang Batubara Shortwall Mining

Ratih Hardini Kusuma Putri

Abstract


Penambangan batubara dengan metode shortwall memiliki resiko terhadap keruntuhan atap lubang bukaan dan panel penambangan. Hal ini dipengaruhi oleh factor kestabilan dari lubang bukaan dan juga pilar sebagai penyangga alamiah pada area penambangan. Dengan adanya permasalahan tersebut diperlukan suatu kajian geoteknik terhadap rancangan pilar batubara bawah tanah, agar kegiatan penambangan dapat dikerjakan dengan aman dan lancar. Analisis kestabilan chain pillar menggunakan metode tradisional Obert dan Duvall (1967), dan Bienawski (1983).Penentuan desain lebar chain pillar dianalisis secara analitik. Berdasarkan acuan dalam penentuan rancangan pilar Hoek. E, Kaiser. P.K, dan Bawden.W.F., 1993, dengan ukuran lebar pilar, yaitu Safety Factor > 1.3.


Keywords


Shortwall mining; chain pillar; tambang batubara bawah tanah

Full Text:

PDF

References


Anonim 1, 1999, “Teknologi Pertambangan Batubara Program Pertukaran Teknisi”, New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO), Japan Coal, Jepang.

Anonim 2, 2000, “Teknologi Pertambangan Batubara Program Pertukaran Teknisi”, New Energy and Industrial Technology Development Organization (NEDO), Japan Coal, Jepang.

Peng, S. S., 1986, “Coal Mine Ground Control”, John Wiley & Sons, Inc., New York, U.S.A.

Peng, S, S. and Chiang, H, S., 1984, “Longwall Mining”, John Wiley & Sons, Inc., New York, U.S.A.




DOI: https://doi.org/10.36986/impj.v2i1.21
Abstract views : 680 | views : 850

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.